Get 3 Amazing Things By Doing The Unthinkable

Sebuah penelitian dari Duke University, dikutip di buku The Power of Habit karya Charless Duhigg, mengemukakan fakta lumayan mengejutkan: lebih dari 40% tindakan yang dilakukan orang setiap harinya bukanlah keputusan sungguhan, melainkan kebiasaan.

Wah, jangan-jangan kita selama ini terjebak rutinitas, dan kehilangan banyak hal menarik di dalam hidup cuma gara-gara terus menerus melakukan kebiasaan sama.

Nah, berani keluar dari kebiasaan? Coba dulu 3 tips sederhana ini.

 

1. Pindahkah posisi jam tangan


Sebetulnya kebanyakan jam tangan dibuat untuk dipakai di tangan kiri. Itu sebabnya tombol pengatur jarum diletakkan di sebelah kanan kepala jam. Karena jika jam digunakan di tangan kiri, ada ruang lebih bebas untuk memutar dan mengatur. Beberapa penelitian menyebutkan, orang yang menggunakan jam di tangan kiri adalah orang yang cenderung tenang dan rasional. Function over fashion.

Coba pindahkan jam ke tangan yang tidak biasa. Atau balik posisinya sehingga kepala jam terletak di bagian dalam tangan. Ketidakbiasaan ini akan memicu otak yang terbiasa otomatis jadi bekerja lebih keras. Saat aliran darah mengalir lebih deras ke otak, fungsinya lebih maksimal. Semacam menciptakan chaos di dalam benak kamu.

 

2. Coba rute berbeda


Kalau kamu terbiasa menggunakan mobil ke kantor, cobalah menikmati kendaraan umum. Atau pilih rute yang berbeda dari yang terbiasa ditawarkan waze atau google map. Di belahan kota lain mungkin kamu akan menemukan tempat makan baru, pemandangan baru, atau – ternyata rute baru ini lebih macet dibanding rute biasa – kamu tetap berkesempatan mendengarkan percakapan unik dari pengendara motor di sebelah saat berhenti di lampu merah. Atau, yang paling mungkin, kamu punya banyak obyek foto baru di instagram!

 

3. Ganti playlist lagu


Jangan alergi dengan genre musik apapun. Beranikan diri menemukan dan memutar lagu-lagu dari musisi yang selama ini mungkin “bukan gue banget”. Ritme dan hentakan yang aneh buat kuping kamu, sungguh mampu menciptakan mood yang berbeda.

Efek merubah kebiasaan ini tentu berbeda bagi setiap orang. Mood kamu yang tadinya baik-baik saja, bisa rusak karena mendengar lagu yang norak. Tapi toh, setiap percobaan ada resikonya. Sekedar saran, lupakan dulu hasilnya. Nikmati saja proses ketika melakukan perubahaan kebiasaan yang selama ini tidak pernah terpikirkan. Dan percayalah, you’ll get amazing things happen to your life.