How Finance Plan Can Change Your Life in 20 Years


Mengatur keuangan setara level-nya seperti kita menata hidup, tidak pernah mudah. Bahkan, banyak orang yang telah memasuki usia 20 tahun masih belum bisa mengatur keuangan dengan bijak dan terbiasa menghambur-hamburkan uang demi lifestyle. Think smart, mulailah untuk memperketat finansialmu mulai dari sekarang hingga 20 tahun mendatang. Kira-kira apa yang terjadi jika kamu disiplin dalam me-maintenance keuangan? Let’s try to predict the progress.

 

Rumah Idaman di Genggaman Tangan


Today: Terlalu mengikuti trend fashion atau travelling, tanpa sadar telah menghabiskan banyak danamu. Di sisi yang lain, sebenarnya uangmu bisa diinvestasikan menjadi sebuah rumah. Balance between lifestyle and investment!

20 years plan: Anggap saja gajimu 8 juta rupiah. Rumah adalah investasi berharga, jadi beranikan diri untuk menyisihkan 25% dari gaji. Lima tahun pertama menabung (2 juta rupiah x 60 bulan), kamu sudah bisa mendapatkan dana untuk DP (Down Payment). Lalu, 15 tahun berikutnya digunakan untuk membayar cicilan. The good thing is, gajimu kan nggak selalu segitu-gitu aja. Pasti ada peningkatan setiap tahun dan ada bonus-bonus tambahan. Bisa jadi rumah idaman akan kita didapatkan kurang dari 20 tahun.

 

Hidup Tenang di Masa Tua

          

Today: Mungkin sekarang kamu berpikir, “Saya masih muda, kenapa harus memikirkan hari tua nanti?” Kenyataannya di hari tua nanti pasti ada kesulitan karena memasuki usia yang sudah tidak lagi produktif, secara otomatis pendapatan pun semakin berkurang. Ubah pikiranmu mulai hari ini, cobalah rencakan pengeluaranmu sebesar 5% untuk dana darurat dan 10% untuk asuransi di masa tua.

20 years plan: Sekali lagi, kita pakai skema gaji 8 juta rupiah. Dana darurat yang disisihkan 5% setiap bulan, jika diendapkan selama 20 tahun punya nilai total 96 juta rupiah. Berdoalah supaya tidak ada keadaan darurat, jadi kamu dana yang utuh. Lalu 10% yang disisihkan untuk asuransi masa tua, jika dikumpulkan selama 20 tahun nilainya akan menjadi 192 juta rupiah. Di saat usia sudah memasuki range 40-an, dana sebesar itu tentunya akan sangat berguna, Urbaners.

 

Pengeluaran Rutin dan Travelling

        

Today: Belanja bulanan, biaya transportasi, tagihan listrik, internet, hingga pulsa menjadi pengeluaran rutin yang harus kita keluarkan setiap bulan. Besaran pengeluaran rutin tiap orang berbeda-beda, tetapi pada umumnya berkisar 40% - 70% dari penghasilan.

20 years plan: Karena 40% sudah dialokasikan untuk rumah, dana darurat, dan dana pensiun, kita punya sisa 60%.

40% untuk kebutuhan rutin harian (konsumsi dan transportasi)

20% untuk hiburan/hangout/travelling

Jika Urbaners membuat planning travelling 2 tahun sekali, maka tabungan travelling yang terkumpul setiap 2 tahun sekitar 38 juta rupiah. Cukup untuk sebuah Europe Trip ke satu negara. Jika dana travelling dan hiburan diendapkan selama 20 tahun, ada sekitar 384 juta rupiah. Fantastis kan! Silahkan dibagi-bagi sendiri supaya Urbaners tetap bisa travelling dan pikiran tetap fresh.

 

Semua hitungan di atas bisa berjalan jika kamu berdisiplin tinggi menjalankan semua alokasi yang direncanakan. Then you see how the good financial plan can change your life in the 20 years from now.