How to be a Real Leader


Bagaimana rasanya saat kamu dipromosikan menjadi seorang leader? Selain rasa bangga yang muncul, sadarlah bahwa promosi adalah suatu tantangan & tanggung jawab. Menjadi figur leader butuh kesiapan diri karena menjadi seorang pemimpin harus bisa berlaku adil, tegas, sekaligus lembut kepada bawahan. So how does true leader behave?

 

A Leader Fights Together with 

Tanpa orang-orang di dalam tim, kamu tidak akan bisa berdiri untuk meraih sukses sendiri.  Seorang pemimpin yang baik tahu kalau dirinya membutuhkan anggota tim untuk meraih achievement. Saat kamu memimpin tim, kamu harus bisa memotivasi mereka untuk bekerja mencapai target bersama, bukan hanya mengikuti ego masing-masing atau ego pimpinan saja. Leader pun harus siap mem-backup tim saat deadline yang membutuhkan banyak tenaga. Bimbingan serta tuntunan dari leader sangat krusial saat sedang berjuang dan “berjibaku” bersama, terlebih sosok leader adalah pemicu semangat bekerja anggota tim.

 

A Leader is a Good Communicator and Listener

 

Mengeluarkan pendapat atau ide menjadi hal yang wajar di dalam sebuah tim. Bahkan mungkin terjadi perbedaan pendapat dan ngotot-ngototan antar anggota. Ketika posisimu sudah menjadi leader, tentunya kamu harus mendengarkan pendapat serta membuka pikiran dengan timmu. Leader harus bisa menciptakan lingkungan yang nyaman untuk mengeluarkan ide dan berdiskusi. Seorang leader yang handal dalam berkomunikasi dan menjadi pendengar yang baik, bisa menjadi jembatan komunikasi dalam tim. Kemajuan dalam team akan pesat saat diskusi berjalan baik dan komunikasi terjaga konsistensinya.

 

A Leader Puts the Right People on the Right Job

 

Menjadi real leader bukan berarti kamu bisa mengerjakan semua pekerjaan tanpa bantuan atau memiliki semua skill yang ada di dalam tim. You’re not Superman indeed. Tetapi kamu punya otoritas untuk memilih dan memilah di mana anggota tim ditempatkan. Kemampuan untuk mix-and-match antara kebutuhan pekerjaan dengan skill anggota tim adalah mutlak bagi seorang pemimpin. Lebih hebat lagi jika kamu bisa menempatkan orang sesuai dengan passion-nya. Memberikan pekerjaan yang sesuai dengan skill atau passion, membuat orang merasa sangat dihargai.  Dijamin, mereka akan mengerjakan pekerjaan dengan sangat maksimal.

 

Are you on the way to be a good leader? Good luck and enjoy it.