4 Must-Have Items to do Graffiti


Menggambar di atas kertas saja butuh peralatan, setidaknya ada pensil dan penghapus. Apalagi kalau mengaplikasikan gambar ke tembok, tentunya membutuhkan banyak peralatan khusus. Nah, ini dia peralatan wajib ada saat kamu bikin grafiti.

 

Cans

Beda media, beda juga peralatan yang harus kamu miliki nih, Urbaners. Salah satu item yang wajib banget sebelum memulai bikin grafiti di tembok adalah cans. Cans mempunyai bentuk persis seperti cat pilox atau cat semprot yang bisa kita temukan dengan mudah. Berbeda dengan cat minyak yang mudah dicampur warnanya, kalau menggunakan cans perlu teknik-teknik khusus untuk bisa mendapatkan suatu warna tertentu. Jadi, melukis dengan media tembok harus ada kaleng semprot atau cat semprot yang jadi senjata utama kamu.

 

Caps

Sama halnya dengan kuas yang punya berbagai macam ukuran dan bentuk, begitu juga dengan caps pada kaleng semprot. Caps atau actuator merupakan ujung kepala cat semprot yang menghasilkan bentuk dan ukuran semprotan yang bervariasi alias bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya kamu mau yang semprotan halus menyebar atau seperti 'menembak pada satu titik', semua bisa kamu atur dari pemilihan caps. Selain itu, caps juga menentukan tebal dan tipis garis pada karya graffiti kamu. Tips penting buat kalian nih Urbaners, jangan lupa untuk rajin-rajin membersihkan koleksi caps kalian yah supaya warna tetap clear saat disemprot.

 

Masker

Coba kamu bayangkan ketika memasuki bangunan yang baru selesai dicat? Baunya cukup menyengat dan sangat tidak sehat untuk dihirup lama-lama. Begitu pula saat kamu sedang menggambar grafiti. Berapa banyak bahan kimia yang akan kamu hirup saat berasik ria menggambar. Maka dari itu kamu butuh penutup atau pengaman pernafasan saat sedang menyemprotkan cans. Jadi, kamu tetap harus tetap berhati-hati, ya!

 

Glove


Yang satu ini memang sering dianggap remeh atau tidak penting oleh kebanyakan artist. Ternyata, nggak cuma masalah pernafasan yang harus kamu perhatikan saat menggambar grafiti. Bahan-bahan pewarna kimia di dalam cat semprot tersebut pun tidak baik untuk kulit. Terkena sedikit mungkin masih tidak akan bermasalah. Namun apa jadinya jika kulit kamu terkena bahan itu dalam jumlah banyak dan jangka waktu yang lama? Untuk menghindari sakit kulit yang mungkin terjadi, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan sarung tangan.

 

Sudah siap corat-coret tembok? Jangan sampai lupa items tersebut, ya Urbaners!