5 Buku yang Bikin Lo Move Forward Saat Pandemi

Sekarang saatnya buat bangkitin lagi hasrat seni yang lo punya. Beberapa bulan ini pandemi coronavirus udah bikin lo fokus sama kebutuhan dasar buat hidup kayak bayar sewa dan tagihan bulanan. Bagi banyak orang buat survive dalam hidup itu butuh sesuatu yang lebih ‘More is More’. Lo perlu sesuatu untuk menenangkan jiwa selama krisis ini, and the arts can serve as a healing balm! Setuju nggak?

Kalau lo ngaku sebagai anak muda yang move forward udah nggak jaman nya lo jadi hopeless terus nyerah sama keadaan. Lo bisa mulai dengan kegiatan sederhana - seperti tetap jaga jadwal rutin, tidur nyenyak dan makan sehat - kalau lo konsisten itu bisa bantu lawan perasaan depresi, stres dijamin galau langsung minggat.

Mengisi waktu lo dengan yoga, meditasi, dan banyak keep contact dengan kerabat dekat buat sekedar saling menyemangati dan update situasi satu sama lain. Karena seni itu bisa diciptakan, banyak cara yang bisa lo lakukan. Mulai dari bikin kreasi masker sendiri, ngelukis, bikin zine sendiri atau dokumentasikan keadaan sekitar dengan fotografi. 


Banyak yang bilang, kalau baca itu kegiatan pasif dan cuma alesan lo leha-leha doang, Ketika kita lagi asik - asiknya baca, kadang suka susah banget diganggu. #MumpungLagiDiRumah di artikel ini gue mau rekomendasi beberapa buku-buku yang membahas soal arts and culture yang bisa bikin imajinasi lo jalan-jalan selagi badan lo santuy sambil rebahan. 

1. Steal Like an Artist - Austin Kleon


Lo nggak perlu jadi jenius, you just need to be yourself. Itu pesan dari Austin Kleon, seorang penulis dan seniman muda yang tahu bahwa creativity is everywhere, creativity is for everyone. Sebuah buku manifesto untuk era digital, Steal Like an Artist adalah panduan pesan positif, tampilan grafik dan ilustrasi yang kece banget yang bisa buat lo ngeluarin sisi artistik yang mungkin selama ini lo pendam.

2. Whatever You Think Think The Opposite - Paul Arden


Buku ini adalah jenis buku yang bisa bikin lo Think the impossibles and make it possible, see things happening which you think cannot. Buku karya Paul Arden ini ngajak lo buat lebih bebas untuk melihat pintu-pintu kemungkinan. A kind of book which makes you think differently, looking from a different perspective. Buku ini jelasin manfaat dari membuat keputusan yang buruk. shows how risk is security in life. and why unreason is better than reason. It's about having the confidence to roll the dice.

3. Beastie Boys Book - Michael Diamond


Music connects us to each other, emang cuma musik selalu manjur buat bikin yang jauh jadi dekat, dan yang dekat jadi makin erat. Beastie Boys Book adalah sebuah panoramic experience yang menceritakan sebuah kisah perjalanan salah satu grup rap terbaik sepanjang masa Beastie Boys. Buku ini unik dan ajaib karena diceritakan oleh dua member band itu sendiri ADROCK dan Mike D, dengan kontribusi dari Amy Poehler, Colson Whitehead, Spike Jonze, Wes Anderson, Luc Sante, dan banyak lagi.

4. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat - Mark Manson