Another Franky Zapata Masterpiece: “Jet-Powered Hoverboard”


Franky Zapata tidak henti-hentinya menciptakan inovasi baru. Kali ini ia bereksperimen mengembangkan aquatic hoverboard menjadi jet-power hoverboard. Penemuannya yang baru ini merupakan hasil dari mimpinya yang ingin bisa terbang, namun terhalang karena menderita buta warna sehingga dirinya didiskualifikasi menjadi seorang pilot helikopter.

Jika hoverboard sebelumnya beraksi di atas air menggunakan sebuah alat seperti papan skateboard, jet-powered hoverboard terbarunya ini bisa melayang seakan terbang di atas langit. Keren sekali ya, Urbaners?

 

Apa Sebenarnya Jet-Powered Hoverboard?

Jet-powered hoverboard ini dikenal juga dengan nama “Flyboard Air”. Pertama kali diperkenalkan lewat Youtube pada pertengahan tahun 2016 dan langsung viral. Banyak netizen menanggapinya positif dengan mengatakan bahwa penemuan ini merupakan penemuan terkeren yang pernah ada. Namun banyak pula netizen yang skeptis, mengira itu hanyalah video hasil editan atau hoax. Well, kenyataannya memang benar bahwa Zapata berhasil menciptakan sebuah alat yang bisa membuat manusia terbang.

Kalau penasaran cek videonya berikut ini:

Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana ya alat ini bisa terbang?

Jet-powered hoverboard ternyata terdiri dari 3 bagian utama, yaitu sebuah logic board, tank bahan bakar di dalam tas punggung, dan mesin penggerak. Bahan bakar yang digunakan adalah jenis kerosene yang memang biasa digunakan sebagai bahan bakar jet dan mesin roket lainnya.

Jet-powered hoverboard  didukung pula oleh 6 buah mesin, yaitu 4 mesin turbo terletak di dalam logic board dan 2 lagi berada di sisi-sisinya yang berfungsi sebagai stabilizer. Setiap mesin turbo yang ada di dalam logic board itu memiliki kekuatan hingga 250 daya kuda (DK). Jadi untuk 1 alat ini saja ada 1000 DK. Dengan kekuatan sebesar ini, tidak heran kalau alat ini bisa terbang hingga kecepatan 150km/jam dan mencapai ketinggian hingga 10.000 kaki dalam waktu 10 menit.

Tapi sayangnya, tidak bisa sembarangan orang bisa naik alat ini lho. Syaratnya, paling tidak kamu harus sudah menyelesaikan 50-100 jam memainkan flyboard biasa di atas air. Zapata juga sempat bergurau dalam sebuah wawancara dengan The Verge dengan menyatakan, “jika kamu ingin mencoba alat ini, kamu harus punya 7 kehidupan seperti kucing”. Itu artinya, kalau kamu ingin menaiki alat ini, kamu tidak boleh takut untuk jatuh. Kamu harus merasa punya nyawa atau hidup yang lebih dari satu.