Burung Nggak Terbang Dalam Kandang: Kebebasan Ala Yves Rossy



Burung Nggak Terbang Dalam Kandang:Kebebasan Ala Yves Rossy

 Apa sih kebebasan mutlak buat lo? Gue yakinbanyak di antara lo yang langsung mikir: bisa bertindak sesuka hati ataumungkin bisa terbang kemana aja lo mau, ya kan?

 

Tapi pernah nggak sih, lo mikir kalo kebebasanyang kayak gini bisa-bisa ngerugiin orang lain? Ya kalo semua orang bebas maungapain aja apalagi bisa terbang kesana-kemari tanpa konsekuensi atau hukuman,gue yakin satu dunia bakalan chaos.Bayangin, mungkin para pemimpin negara, yang powerful bebas mau ngapain aja, nggak ada konsekuensi hukum. Maumenyerang negara lain sampe abis? Bebas. Atau mungkin si chef kondang Salt Baebisa terbang kesana kemari sambil naburin garem dengan gayanya yang stylish sesuka hati? Bebas, kebayangdong semua makanan bakalan jadi keasinan semua, termasuk es cendol atau esbuahnya bang Ujang ya kan.

 

Setelah baca ini, lo mungkin mikirnya, manusiasebenernya nggak boleh bebas, dong? Ya masihlah. Let me tell you this one thing: a true freedom can come in a form of aresponsible freedom.

Soundslame? Nggak juga. Buktinya orang sekelas Yves Rossyaja masih menganut paham kebebasan ini kok.

Buat yang nggak tau dia siapa, Yves Rossy tuhmantan pilot militer dari Swiss yang kemudian jadi bapak dari jenis jet pack yang paling mutakhir: carbon fiber jet pack.

Gue kasih liat bentukannya ya.

[gambar-gambar carbon fiber jetpack yang lagi dipake sama Yves Rossy]

 

Keren nggak? Ini jet pack hasil buatan dia sendiri. Yves Rossy, yang juga dikenaldengan nama panggilan Jetman, udahmendalami dunia jet pack kurang lebihselama 20 tahun, langsung setelah dia lulus jadi pilot militer. Ya, bisadibilang dia punya dedikasi nyerempet obsesi untuk bisa terbang pake jet pack. Kalo lo cari nama dia di Google,lo bakal nemuin banyak banget video dia terbang di berbagai tempat. Ini salahsatunya yang menurut gue paling keren.

 

[https://www.youtube.com/watch?v=e3xCEAG8b6o]

 

Kita harus akuin ini keren banget. Buat loyang suka sama alam, entah pernah liat gunung Fuji kek atau pernah ke Bromominimal, pasti ngerti rasanya ketika lo ngeliat semua keindahan itu dan ngerasapengen terbang mengarungi langit. Gue rasa sensasi ini yang Yves kejar selama dua puluh tahun, dan masihterus berlangsung sampe saat ini.

 

Dulu-dulu gue udah cerita soal wingsuitflying sama BASE Jumping. Gimanaorang-orang pemberani ini terjun dari ketinggian untuk nikmatin gimana rasanyaterbang. But in the end, what they do is flying while fallinggracefully.

 

Jet pack beda lagi urusannya. Kita bisa terbang kemanapun karena ada mesin jetkecil yang langsung dipasangin ke badan kita. Menurut gue, inilah definisiterbang buat manusia yang sebenernya. Lo bener-bener terbang melayang, instead of jatuh. These smallmachine jets are the power, and the carbon fiber jet pack are your wings.Lo bukan lagi cuma lompat dan menukik. Lo bisa kontrol sendiri ke mana lo maupergi.

 

Dan ini yang dicari dan disempurnain sama YvesRossy selama 20 tahun: kebebasan bergerak supaya dia terbang kemanapun dia maudi angkasa.

 

Di TED Talknya, Rossy ngejelasin kalo rasanyapake jet pack itu surreal banget. Dia ngerasa kayak diapunya sayap, dan dia punya kontrol penuh atas apa yang dia lakuin. Kontroladalah alasan utama kenapa si Yves ini pilih jet pack dibandingin skydiving,wingsuit flying, atau BASE Jumping.Dia ngerasa bahwa semua hal itu, meski keren, nggak menjawab keinginan diauntuk bisa terbang bebas di langit.

 

Oya, Rossy juga nggak suka pesawat. Dia ngertikenapa pesawat ada, tapi dia ngerasa kalo pesawat tuh nggak beda jauh samasebuah kandang; dan semua manusia, termasuk dia, itu kayak dikandangin pas naikpesawat.

 

Rossy nggak mau dikandangin. Doi pengen jadikayak burung: terbang sebebas-bebasnya di langit. Rossy juga bilang, burung kannggak terbang dalam kandang. Dan ini yang bikin dia sampe ngabisin 20 tahunbuat nyempurnain ciptaannya ini: karena dia ingin terbang bebas, tapi tetepdengan cara yang aman.

 

Iya. Tetep yang paling utama: safety first. 20 tahun penyempurnaanmesinnya ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab dari Rossy. Dia nggak maungerepotin keluarga dan orang lain kalo sampe dia kecelakaan. Bentuk tanggungjawab dia yang kedua: doi badannya fit.Dia ngejaga banget kesehatan badannya sendiri karena terbang pake jet pack nggak gampang. Butuh staminadan ketahanan tubuh tinggi biar bisa sukses terbang. Mengutip langsung darikata-kata Rossy, “We’re trying to flyhere, not commit suicide.”

 

Rossy percaya bahwa terbang individual ginibakal jadi the future of flying. Diayakin banget di masa depan, semua orang bakal bisa terbang sendiri; entahdengan jet pack atau penemuan dialainnya di masa depan. Dengan aman, tentunya. This, is his true freedom: for humans to fly in the sky; safely.

 

Kalo buat lo ini kedengeran gila banget, yaorang jaman dulu juga ngira pesawat itu ide gila. But look where we are. Look what humanity has achieved. Look how farhave we come just from one dream. Siapa tau kan, mimpi Rossy ini bakalbeneran ngebawa era baru dalam soal penerbangan buat manusia?

 

Jadi, siap nggak lo untuk menyambut kebebasan ala YvesRossy?