Gak Mesti Ikutan Yang Lain, Gue Berani Jadi Versi Terbaik Diri Gue!


Sadar nggak sih ketika lo dewasa, punya banyak relasi pertemanan atau pekerjaan, punya referensi soal kehidupan, di situ lo punya kendali buat milih apa aja yang bermakna buat lo. Terkadang lo sibuk sana-sini ngebahagiain orang lain, kebawa arus, terus lupa sama apa yang harus lo lakuin buat diri sendiri. Plis lah mulai sekarang lo harus berubah, bro!

Ada sebab tertentu yang membuat kita terjebak dalam situasi serba complicated ini. Biasanya berawal dari rasa iri dengan pencapaian orang lain terus jadi ngelakuin hal yang sama, atau sesederhana lo nggak mau dijauhin sama circle lo. Padahal kalo lo bisa menjadi diri sendiri, gue yakin hidup lo bakal lebih menyenangkan sih, bro.

Lo tuh bisa banget menemukan apa yang lo pengen buat kebaikan diri sendiri. Dari sini gue pengen lo buat langsung merealisasikannya. Simak nih beberapa hal yang bisa lo lakuin, dan catet kalo perlu. 

Hal yang paling dasar adalah menerima diri lo apa adanya. Hindarin yang namanya overacting ketika lo bersosialisasi. Menurut gue entertain orang lain dengan cara ini, atau supaya jadi pusat perhatian itu buang-buang energi aja. Coba lo pelan-pelan menerima baik dan buruknya diri lo sendiri mulai dari kelemahan lo, fisik lo, potensi lo, dan lainnya.

Langkah selanjutnya kenali diri lo secara mendalam. Ada salah satu hal yang bisa lo lakuin: Minta feedback dari orang lain tentang diri lo. Bukan berarti lo akan mengubah diri lo sesuai feedback itu mentah-mentah, tapi bisa jadi ada hal yang nggak lo sadari tapi orang lain sadar. Jika hal itu adalah kekurangan dan lo menyadarinya, ya perbaiki aja. Kalo feedback lo positif? Mungkin lo bisa gali lagi potensi diri lo lebih dalam. Yang pasti lo harus bisa terima feedback secara baik-baik.

Setelah lo tahu respon orang lain, hal yang perlu lo tambahin juga adalah jangan terlalu memikirkan perkataan orang di sekitar yang nggak suka sama lo. Hal seperti ini selalu ada dan itu pun wajar karena kita sebagai makhluk sosial pasti punya pro-kontra sama orang lain. Jangan sampai haters lo menghalangi lo buat ngelakuin apa yang menurut lo baik, dan menggiring lo ke arus yang bukan dari diri lo sendiri.

Dari sini udah mulai kebayang kan, bro? Lanjut lagi nih untuk coba berhenti membandingkan diri lo dengan orang lain. Kadang ada yang bilang “Oh gak apa-apa, kan kita harus punya perbandingan, agar ketika ngeliat orang lain sukses nanti bisa jadi motivasi hidup.” Nggak gitu caranya. Oke lah punya role model itu baik, tapi hati-hati, bisa aja lo jadi iri berlebihan yang bikin lo nggak pede ngelakuin hal apapun.

Keempat hal tersebut bisa banget lo lakuin secara bersamaan dengan nyisihin waktu lo buat  me-time sekaligus introspeksi. Kalo kesibukan lo sehari-hari udah penuh sama pekerjaan atau nongkrong bareng teman, paling nggak lo perlu nyempetin satu dua hari buat hal ini. Pahami dan resapi semuanya biar pikiran lo kembali fresh, jujur sama diri sendiri, cari inspirasi, dan tunjukin kalo lo punya komitmen buat jadi sosok yang lebih baik.

Dari lo apa yang bikin lo takut menjadi diri sendiri? Ekspektasi orang lain, atau hal lain? Share pendapat lo di kolom komentar ya. Cek juga website MLDSPOT, buat temuin artikel-artikel menarik lainnya. Jangan lupa share di akun media sosial lo buat dapetin MLDPOINTS yang bisa lo tuker sama hadiah keren!