Inspirasi Super Anak Negeri


Gue bangga jadi orang Indonesia. Ibu pertiwi dengan berjuta keajaiban. Kekayaan alam yang melimpah, lengkap dengan anak bangsa yang di dalam dirinya udah mendarah-daging: keramahtamahan. Semua bersinergi membentuk inspirasi yang sempurna bagi siapa saja yang melihat, merasakan dan menjadi bagian. There is nothing I could ever ask for more: Indonesia, you have me for all I am. Kekayaan yang melimpah gak cuman dari sumber daya alam dan sumber daya manusia, tapi kaya akan kehidupan. Salah satu esensi penting dari kehidupan buat gue adalah bahasa. And as a language lover myself: di Indonesia, ada banyak banget bahasa daerah, I assume you have known this fact before. Lo tau gak? Di Papua aja ada lebih dari 300 bahasa daerah dengan aksen dan dialek yang berbeda-beda. Udah istimewa, kaya akan hal-hal indah dan menakjubkan lagi! Keren is an understatement. Gue cinta Indonesia, with or without its excellencies. Eits, Indonesia gak cuman kaya akan hal-hal concrete that help to sustain life: Indonesia juga kaya akan hal-hal menakjubkan yang dijamin bisa menginspirasi setiap insan buat lebih semangat menjalani hari-hari. Apa tuh hal-hal menakjubkan yang bisa menghibur lo saat penat? Kisah pahlawan super khas Indonesia yang gak kalah keren dari superhero luar negeri tapi so much relatable to our self as the society.

 

Indonesia punya MCU dengan kearifan lokal yang gak kalah keren dan spektakuler dari Marvel Cinematic Universe yang dinamain: (backsound:jeng jeng jeng) BUMILANGIT CINEMATIC UNIVERSE !!! Selain karena Indonesia punya, yang bikin gue bangga sama our Indonesian superheroes adalah the fact that they come from diverse backgrounds but with the same understanding for our local wisdom. Bener-bener superheroes dengan kearifan lokal yang se-lokal mungkin! Dijamin seabis lo baca cerita mereka, bisa nambah rasa bangga lo tentang kayanya negeri tercinta kita ini dan bisa menginspirasi lo buat makin cinta dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara kita.

  1. Gundala Putra Petir

 

Source: bumilangit.com


Sang pahlawan super asal Indonesia yang satu ini, pertama kali muncul dalam komik Gundala Putra Petir karya Harya Suraminata tahun 1969. Diceritakan di awalnya, doi ini seorang peneliti jenius yang punya nama asli Sancaka. Sama seperti kita, orang biasa pada umumnya, kehidupan doi penuh kejutan. Salah satunya pas doi kena apes terinfeksi serum anti halilintar yang kemudian ngubah dia jadi Gundala. Gak jadi apes, malah jadi manusia super. Sebelum gue bikin lo tercengang tentang kekuatannya, gue mau tanya dulu, lo tau gak sih arti dari nama doi itu apa? Jadi, si Hasmi (the professional name of Harya Suraminata) terinspirasi dari legenda Tanah Jawa, Ki Ageng Selo yang dibekali kemampuan buat nangkep petir. Hence, the name Gundala yang diambil dari “gundolo”, the javanese word for petir. Kalo bahasa jawanya sih, sangar!

           

Menumpas kejahatan dengan kekuatannya: bisa ngeluarin gledek dari kedua telapak tangannya, lari secepat kilat dan menguasai petir (bogem dan jarinya bisa ngeluarin petir, bro!). Nah, pasti penasaran kan gimana sih kerennya Indonesian version gabungan dari Quicksilver dan Thor?, film Gundala karya Joko Anwar bakal tayang tanggal 29 Agustus 2019, make sure to add it on your what-to-watch list ya!

 

  1. Godam