Jadi Legendaris, Kisah 5 Bar di Dunia Ini Wajib Lo Ketahui!

Semua orang pasti tahu dengan sebutan Bar, namun tidak semua orang mengetahui kalau kata Bar sendiri berasal dari kata Barrier. Yup, Bar bermula sejak abad ke-16 di Amerika Serikat. Kata yang menjadi pemisah antara pembeli – barrier, dan penjual – bartender, ini membuat bar menjadi tempat nongkrong semua kalangan.

Begitu pula di Indonesia, bar menjadi tempat nongkrong – khususnya untuk kalangan anak muda. Untuk negara komunal seperti Indonesia, nongkrong sebagai cara bagi masyarakat mengekspresikan diri dengan bersosialisasi. Hal ini juga sudah menjadi hal yang turun-temurun untuk dilakukan.

Definisi untuk bar sendiri menjadi tempat berkumpul dan bersosialisasi bagi, sembari menikmati minuman untuk menghangatkan suasana sebagian besar masyarakat Indonesia. Lain dengan dunia barat yang menganggap bar sebagai tempat yang lebih individualis dan menikmati bar untuk seorang diri.

Lain di Indonesia, lain pula di negara lain. Coba deh, simak 5 kisah bar legendaris di dunia ini yang tentunya menarik banget untuk disimak!

#1 – Harry New York Bar, Paris

Kalau lo pernah memesan minuman Bloody Mary, itu artinya lo sudah memesan menu signature dari bar di paris ini. Karena mereka mengklaim bahwa merekalah yang menciptakan menu classic cocktail ini – meskipun sempat menuai perdebatan.

Pemilik bar ini – yaitu Harry MacElhone, yang merupakan seorang barman, telah bekerja di bar ini sejak 1911. MacElhone berhasil memberi bar ini di tahun 1923 dan mengembangkannya hingga saat ini. Dari pekerja hingga jadi pemiliki, tentunya bar ini punya cerita sendiri buat MacElhone ya!

#2 – Bar Hemingway at The Ritz, paris

Cerita legendaris kedua masih datang dari paris – kali ini bar yang datang di era Ernest Hemingway ini cukup mencetak sejarah per-bar-an di Paris. Menurut cerita yang beredar, Ernest Hermingway memang banyak menghabiskan waktu di bar yang sering dijuluki sebagai ‘Ladies Bar’ ini.

Hermingway sering menghabiskan waktu bersama teman-temannya di era 1920-1930 di bar ini. Sehingga membuat bar ini menjadi bar legendaris dan menyimpan banyak cerita serta sejarah. Bar ini berlokasi di The Ritz Hotel, 15 Place Vendome, Paris, Perancis.

#3 – The American Bar at The Savoy, London

Meskipun bernama American Bar, bar yang satu ini terletak di London, Inggris. Dikenal sebagai bar terbaik di dunia, bar ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Saat ini, bar ini telah mengalami banyak modernisasi – namun nilai sejarah dan otentiknya tidak hilang.

Salah satu otentik yang masih dijaga sampai saat ini adalah para bartender yang masih menggunakan jas rapi bergaya Harry Craddock – seorang penulis buku The Savoy Cocktail Book, yang berisi salah satu resep classic coctail terkenal, yaitu White Lady. Bar ini berlokasi di The Savoy, Strand, London, Inggris.

#4 – El Floridita, Havana

Havana yang merupakan ibukota dari Cuba memang terkenal dengan bar yang memenuhi kota tersebut. Namun, Havana memiliki bar kebanggaan bernama El Floridita yang telah berdiri sejak 1917. Bar ini mengklaim bahwa mereka merupakan bar pertama yang menciptakan frozen cocktail dan menjuluki diri sebagai The Spirit of Hemingway.

#5 – Jayapub, Jakarta

Cerita bar legendaris terakhir datang dari ibukota tercinta, yaitu Jakarta. Sebuah bar bernama Jayapub telah dibangun sejak 1975 dan dimiliki oleh seorang pasangan selebritis ternama saat itu – Frans Tumbuan dan Rima Melati.

Bar ini sempat menjadi bar tersohor di era 80-an dan dijuluki sebagai tempat nongkrongnya para pejabat dan ekspatriat. Jayapub pula yang akhirnya menjadi inspirasi bagi tumbuhnya bar-bar lain di Ibukota, atau bahkan Indonesia sendiri, Bar ini terletabk di sebelah timur Gedung Jaya dan saat ini berpindah ke sebelah selatan gedung tersebut.

Buat lo yang hobi nongkrong di bar, daftar bar legendaris ini tentunya bisa jadi referensi untuk mengunjungi dan nongkrong bareng teman-teman lo ya, bro!