Kriteria Juara Hoverboard di XDubai Flyboard World Cup


Hoverboard dan flyboard memang menjadi water sport yang digemari banyak orang. Selain karena cara mainnya yang berbeda dibandingkan water sport lainnya, juga karena menawarkan tantangan berbeda & adrenaline baru yang seru untuk dicoba. Saking menariknya permainan yang satu ini, kompetisi hoverboard dan flyboard selalu diikuti oleh para peserta dari seluruh dunia dan dipadati penonton setiap tahunnya.

Namun, meski ada beberapa teknik dalam hoverboard dan flyboard yang sama, ternyata sistem penilaian kedua water sport ini berbeda lho, Urbaners.

Secara garis besar, pada flyboarding, penentuan juara dilihat dari trik mereka di atas flyboard. Sementara pada hoverboard, penilaian dilihat dari seberapa lihai racer melewati trek dengan cepat tanpa terjatuh. Selain itu, biasanya peserta kompetisi hoverboard tidak sebanyak pada flyboard. Hoverboard melibatkan 16 racer, sedangkan flyboard 32 racer.

Nah, mau tahu apa saja tahap penilaian dalam tiap babak di kejuaraan hoverboard di XDubai Flyboard World Cup? Yuk simak!

 

Pro Riders Round of 16

Dalam babak kualifikasi, 16 racer akan dibagi ke dalam 8 kelompok. Itu berarti satu kelompok terdiri atas dua racer yang akan bertanding satu lawan satu. Kelompok ini dibagi berdasarkan nilai dari tahap prakualifikasi sebelumnya. Di babak 16 besar ini, setiap racer diberi kesempatan selama 2 menit untuk menampilkan trik-trik andalan yang mereka miliki.

 

Pro Riders Round of 8 (quarterfinal)

Untuk babak selanjutnya, hanya ada 8 racer yang lolos dan bisa mengikuti tahap quaterfinal. Masih sama dengan babak sebelumnya, dari 8 racer yang tersisa akan dibagi ke dalam 4 pertandingan. Waktu yang diberikan juga sama, yaitu 2 menit untuk menampilkan trik-trik terbaiknya.

Dalam babak ini hingga ke babak final, para peserta harus menampilkan beberapa trik atau teknik di antaranya, misalnya 1080, double back flip, superman, dan spin back flip. Para juri akan menilai setiap teknik-teknik ini sedetil mungkin.

 

Pro Riders Semi Final

Babak semifinal ini akan diikuti oleh 4 racer tersisa dan dibagi menjadi 2 pertandingan. Untuk babak ini, setiap peserta diberi kesempatan selama 3 menit untuk beraksi.

 

Pro Riders Final

Dari serangkaian tahap yang awalnya diikuti oleh 16 racer, babak final akan menyisakan 2 peserta untuk bertanding. Mereka akan tampil selama 4 menit untuk menampilkan trik terbaik yang dilengkapi juga dengan koreografi serta musik.

Dari keempat babak yang harus dilewati dalam kompetisi hoverboard di atas, pada dasarnya para juri menilai setiap peserta dari empat (4) aspek berikut ini:

  1. Technicity (figure execution, difficulty of figures, dan inovasi)
  2. Variety/diversity of figures
  3. Showmanship (kehadiran, ekspresi wajah, interaksi dengan penonton, dan konsistensi ketika beraksi)
  4. Energy (banyaknya trik, kecepatan, dan ritme)

Pada akhirnya, finalis yang mendapatkan nilai tertinggi dalam semua kategori penilaian tersebutlah yang menjadi juara kompetisi ini. Tertarik jadi pro riders dan ikutan kompetisi ini?