Straight Outta Jakarta: 5 Lagu Rich Brian yang Paling 'Sakit'


Kemaren-kemaren kan kita ngomongin luar negeri terus nih. Namun faktanya, gue belom pernah ke luar negeri sempet ngebahas urbaners dari negeri kesayangan kita sama sekali. Makanya, hari ini gue pengen coba bahas urban heroes, asliproduk lokal, gimans Guys?

Dan nggak bisa dipungkiri, diremehkan, apalagi ditentang, kalo akhir-akhir ini, Rich Brian is fire!

Siapa sih yang nggak tau si pemuda Indonesia berumur 19 tahun yang udah bertransformasi jadi artis hip-hop berskala internasional? Disinyalir punya bakat jadi legend, bahkan oleh para dedengkot dunia hip-hop sekalipun. I mean come on, Ghostface Killah aja terkesima sambil keringetan ngeliatin bocah ini!

Lambat laun kiprah Brian alias Rich Brian (Dulunya Rich Chigga) mulai mendunia. Nggak sekedar ngebuat lagu dan video kocak, tapi juga kolaborasi sama berbagai rapper tingkat dunia, produksi lagu sendiri, ampe bikin tour kemana-mana. Bahkan, jadi artis Asia pertama yang ngerajain iTunes hip-hop chart dengan menduduki posisi #1! Semua ini bisa dia achieve dengan bikin lagu berbahasa Inggris, yang fasih total dan nggak bikin pasukan grammar nazi nyinyir sama sekali.

Ngga cuma itu doang, kalo lo merhatiin views dan likes di Youtube dan Spotifynya, dijamin lo bakal lebih melotot lagi! Tebak dong berapa...

Yup, rata-rata puluhan sampe ratusan juta Guys. Gue sih terharu sampe agak menangis merintih.

Gue tau sih, di antara angka itu ada "overproud wkwk army" alias netijen Indonesia, tapi gue juga tau kalo mayoritas pendengar dia adalah orang Amrik. Lo bayangin deh sekarang: doi biasa makan nasi goreng pinggiran Kelapa Gading, tapi lagunya bisa dinikmatin sama orang-orang yang biasa makan french fries di pusat kota Los Angeles. Pecah gila kan...

Dan again, bukan cuma itu aja. Rich Brian tuh salah satu rapper yang humble banget menurut banyak orang, termasuk gue. Ya mungkin juga karena terpengaruh kesantunan budaya kita sih, tapi proud banget nggak sih lo, sekarang kerendahan hatinya dia jadi panutan buat banyak generasi muda di Amrik?

Daripada kelamaan, simak aja 5 lagu hip-hop "tersakit" dari Rich Brian versi MLD, siapa tau jadi inspirasi buat ngiringin b-boy dance off lo selanjutnya, shall we begin, Bro?

 

#5
History


Buat lo yang masih belom tau, "History" tuh lagu terbarunya Rich Brian. Di sini, dia nyoba ngangkat "rasa yang dulu pernah ada" (anjayy). Dengan sentuhan-sentuhan rap galau yang ngegambarin penyesalan, kesedihan, dan segala bentuk pengandaian... (ehm, BRB ke pojokan sambil liatin foto mantan), gue harus akuin, lagunya ngena banget.

Mungkin (mungkin loh), rangkaian kata-kata Rich Brian belom bisa secanggih MF Doom ato Kendrick Lamar, tapi dia cukup jago untuk bikin kalimat-kalimat yang dijamin bikin lo pengen nge-stalk Instagram seorang user yang tadinya cuma kenangan.

Biarpun Soekarno udah bilang jangan sekali-kali melupakan sejarah, lo juga harus pilih sejarah jenis apa yang mau lo inget-inget, ya nggak sih?

 

#4
Cold


Masih seputar lagu rap yang dark ala Rich Brian, lagu "Cold" bisa kejadian berkat inspirasi besar dari salah satu lagunya Drake. Brian terobsesi sama drum beats dari lagu Drake yang katanya "weird", alhasil, jadilah satu lagu yang drum beatnya surrealis banget, plus synth elektro dan vokal yang menggema.

Tambahan lagi, lagu ini personal banget buat Brian. Di sini dia ngomongin tentang sikap introvertnya, ekspektasinya,prinsip hidupnya, dan date-nya sama seorang cewek yang berakhir ancur banget. Selaen itu dia juga ngomongin tentang sikapnya yang lebih milih nongkrong, cewek, plus tidur siang dibanding drugs. "Panutanque" banget niiiih.

 

#3
Glow Like Dat


Kalo yang ini, tetep ngomongin sang mantan yang ninggalin bekas banget di hati Brian. Tapi feel lagunya less dark dan lebih upbeat, nggak kayak 2 lagu sebelumnya. Bahkan kalo lo nonton videoklipnya, lo bakal ketawa sekali dua kali. Emang sih, gayanya Rich Brian selalu ironi menuju sarkasme banget: di salah satu video klipnya, lo bisa nemuin dia duduk di motor keren bareng cewe seksi, tapi justru dia yang diboncengin!

Walaupun berkesan parodi, tapi tetep semua arti lagunya serius dan adalah ekspresi kehidupan si Brian sendiri. Contohnya kayak di lagu ini, dia ngomongin susahnya move on, ketidakjelasan konteks party "jaman now", dan hatinya yang udah rusak gara-gara cewek ini. I feel you bro (berujung curhat ternyata).

Anyway, gue harus masukin "Glow Like Dat" karena emang selaen lagunya yang catchy dan real banget, tapi juga karena videoklip yang eksekusinya mantap jiwa. Emang dasar si Brian awalnya bercita-cita jadi cinematographer film, arahan kamera sama warnanya jadi stylish banget Bro! Nggak percaya? Coba liat sendiri aja videoklipnya.

 

#2
Attention (feat Offset)


Kalo lagu-lagu sebelumnya berisi tentang kehidupan pribadinya Brian, "Attention" adalah lagu yang blak-blakan ngomongin tentang kesuksesannya, sikapnya yang bisa tetep real, sekaligus ejekan buat orang-orang yang sok-sok nyamain kesuksesannya dengan Brian (hmm, nggak usah gue sebut, semua udah tau kali ya?). Again, disini dia nyinyirin rapper lain yang suka nyombongin gaya hidup penuh drugs, dan bilang kalo dia lebih suka "sans" pake teh chamomile.

Di lagu inilah attitude-nya Brian terpampang jelas, malah, bisa dibilang "in-your-face" banget. Inti dari lagunya simpel aja: don't mess with Brian and his crew. Lo penasaran Brian orangnya kayak apa? Coba dengerin aja lirik lagu ini, karena lo bakal bisa ngerti coolness dan kesantaian dia. Selain itu di sini, Offset juga ngedukung pesan lagu ini dengan ngomongin gaya hidupnya yang super mewah dan branded.

Waktu bikin "Attention", Brian pengen banget ngundang Offset jadi featuring, karena dia lagi terobsesi banget sama berbagai album dari trio rapper "Migos", yang salah satunya adalah Offset. Menurut interview Brian sama media XXL, "Attention" berawal dari sample lagu yang intronya bikin Brian jatoh cinta banget, lalu Brian iseng modifikasi beat-nya sampe bikin dia mikir: "kayaknya gaya rapping Offset bakal pas banget di lagu ini".

Baru-baru ini, lagu "Attention" pun jadi salah satu official soundtrack-nya game NBA 2K19! Kalo aku mah apa atuh, cuma debu di tepi jalan.

 

#1
Dat $tick


And this is the one that started it all, guys! Sebagai parodi dari salah satu subgenre hip-hop paling terkenal, yakni gangsta rap, "Dat $tick" jadi lagu yang mem-viral-kan Rich Brian ke kancah dunia. Kenapa? Gabungan antara video yang blak-blakan komedi dan ejekan dengan lirik yang jujur banget justru bikin Rich Brian stand out dari artis hip-hop lainnya waktu itu. Dan style inilah yang ngedefinisiin Rich Brian ke depannya.

Ya lo bayangin aja, kalo dengerin lagunya doang, kita bakal tergugah sama kritisi Brian ke pemerintah, otoritas, dan kesenjangan sosial, tapi kalo lo dengerin sambil nonton video klipnya, lo bakal bengong ngeliatin rapper yang bawa pistol mainan kemana-mana sambil make polo shirt warna pink sama tas pinggang. Kontrasnya dijamin bakal bikin lo mixed feelings banget, alias gundah nan galau.

Tapi kalo menurut gue, style inilah yang bikin Rich Brian original. Pedes di lirik, konyol di kamera, rendah hati di dunia nyata. Sesuatu yang udah jadi karakter si Rich Brian , dan mungkin nggak akan bisa diklaim lagi oleh siapa pun. Walaupun "Dat $tick" jadi lagu awal karirnya yang masih butuh pematangan di sana-sini, tapi dari lagu ini, kita bisa langsung nyimpulin kalo Rich Brian punya potensi besar jadi salah satu legend dunia hip-hop di masa depan.

Selain 5 lagu di atas, masih banyak lagu Rich Brian laen yang keren banget. Kalo lo mau mulai nyoba mendalami lagu-lagunya, lo bisa mulai dengan berbagai lagu singlenya (contohnya "Chaos", "Crisis", dan "Who Dat Be"), karena dari single-single inilah si Brian pelan-pelan ngulik style-nya.


Kalo lo gimana Guys? Lagu apa yang paling lo suka dari Rich Brian?