The Guts to Ride the Wind


Lo pernah mikir nggak, apa yang membuat orang-orang melakukan BASE Jump? Jawaban yang paling simpel sebenernya adalah karena mereka berani dan menyukai tantangan.

 

Ngumpulin keberanian untuk bisa terjun bebas dari tempat tinggi jelas nggak gampang. Dansekalipun lo berani, persiapan BASEJumping emang nggak bisa sembarangan. Lo harus melengkapi diri lo dengan gear terbaik demi keselamatan, dan lo harus bikin rencana lompat yang bener-bener mateng.

 

Sekarang gue mau ngenalin tokoh-tokoh yang punya cerita menarik dan sering dibicarain dikomunitas BASE Jumping. Liat aja cerita-cerita gue ini sebagai badass, butcautionary tales.

 

Franz Reichelt



Sebenernya ide BASE Jumping bisa dibilang udah ada dari lama banget. Franz Reichelt adalah nama orang yang tercatat di sejarah pertama kali ngelakuin apa yang sekarang lo kenal sebagai BASE Jumping. Tapi tau nggak sih, kalo dia tuh sehari-hari berprofesi sebagai seorang tukang jait di Paris, sebuah pekerjaan yang sama sekali nggak ada hubungannya sama olahraga yang ekstrim? 

Rada absurd kan kenapa seorang tukang jait bisa jadi salah satu orang pertama yang ngelakuin BASE Jumping? Jadi ceritanya ada orang kaya yang nawarin duit 10,000 francs buat siapapun yang bisa nyiptain parasut yang berfungsi dengan baik. Mulai deh si Franz ini berusaha ngembangin penemuannya yang dinamain 'parachute suit' di tahun 1910. Jadi dia jait sendiri tuh bajunya selama dua tahun. Di tahun 1912, dia maksa pemerintah Paris untuk ngasih ijin ke dia untuk bisa lompat dari atas menara Eiffel. Dia bilangnya cuma bakal nerjunin dummy, tapi di hari H, doi muncul udah siap pake parasut buatannya itu. 

Orang-orang udah pada ngelarang dia. Cuma dia bilang gini,

 

"I want to trythe experiment myself and without trickery, as I intend to prove the worth ofmy invention."

 

Intinya dia mau nyobain sendiri penemuan doi. Bayangin ya, ini tahun 1912. Teknologi belom semaju sekarang. Lompat kayak gini jelas aja bahaya, apalagi pake benda yang baru dia ciptain dan belom dites sama orang lain. Dengan segala keterbatasan itu, Franz tetep keras kepala dan mau lompat sendiri dari atas menara Eiffel, sekalipun sampe harus boong ke polisi dan pemerintah. You gotta admit this man got balls.

Sayangnya, Franz nggak selamat. Parasut buatannya gagal berfungsi and he died on impact. Tapi sekalipun dia endingnya tragis, dia dikenal di komunitas BASE Jumpers karena dia punya nyali yang gede.

 

Carl Boenish


Komunitas BASE Jumper udah pasti nggak asing denger nama ini. Boenish sering disebut-sebut sebagai father of modern BASE Jumping. Dia juga yang pertama kali kasih nama BASE Jumping, sekalipun aktivitas tersebut sebenernya udah lebih dulu dilakuin jauh sebelum sebutan itu dikenal luas. Jadi, si Boenish ini sebenernya adalah seorang filmmaker.Di tahun 1978, dia ngerekam dirinya sendiri terjun dari El Capitan, tebing tertinggi kedua di dunia. Ini yang kemudian bikin BASE Jumping jadi terkenal. Banyak yang kemudian merasa tertantang dan pengen ikutan nyobain BASE Jumping.

Tapi sebenernya, lompat di El Capitan tuh ilegal karena bahaya, jadi si Boenish kena omel juga sama pemerintah. Tapi pas ditegor, ini yang dibilang Boenish:

 

"There are many man-made laws --that aren't laws at all -- that need to be broken. One is the belief that it'simpossible to jump off a cliff."


Ya intinya pemerintah atau polisi nggak bikin dia ngerasa takut untuk nerusin hobinya yang nyerempet bahaya itu. Ballsy banget kan? Selain nggak takut lompat, dia juga nggak takut sama apa yang diabilang man-made laws. Apa yang diabilang emang sangat menggambarkan kenapa dia dan banyak orang yang ngelakuin BASE Jump. Boenish emang bisa dibilang inspirasi buat para BASE Jumpers. Pas ditanya kenapa dia BASE Jump, jawaban doi simpel aja:

 

"I'm glorifying mankind'sbeautiful spirit of seeking adventure."

 

Keren nggak? Gue setuju sih, kalo banyak manusia yang hidup cuma buat ngejar dan ngelakuin hal yang memacu adrenalin mereka. Dan itu bukan berarti salah sebenernya.

 

Sayangnya, ending dari cerita Carl Boenish sebelas dua belas nasibnya sama Franz Reichelt. Dia meninggal kecelakaan pas dialagi BASE Jump di Norwegia. Tapi anak dan keluarganya merelakan dia dengan bilang kalo Boenish meninggal melakukan hal yang paling dia suka. There is asolace in that, and he will be forever remembered as the father of BASEJumping.

 

Dua orang yang gue sebut di atas emang punya nyali yang baja banget. Sekalipun hidup di dua jaman yang berbeda, mereka ngedemonstrasiin keberanian lewat BASE Jumping. Tapi ada pelajaran penting yang bisa kita ambil dari semua cerita gue: gear dan perhitungan BASE Jumping emang harus mateng banget..nget..nget. Mau lo baru pertama kali nyoba atau sudah berpengalaman sekalipun, lo wajib bertanggung jawab atas keputusan lo dengan cara nggak asal-asalan milih gear,melakukan perhitungan dan persiapan lompat yang matang sama yang terpenting bisa melakukan pendaratan yang aman.

 

Istilahnya, jadi seorang badass juga nggak bisa sembarangan. Setuju nggak?