Titel Boleh Fresh Graduate, Soal Kerjaan Sih Gue Total!


Anak baru lulus atau fresh graduate dianggap remeh di lingkungan perusahaan emang sering kejadian. Padahal belum tentu juga ya bro, jadi lo sebagai fresh graduate yang baru ngerasain jadi anak kantor jangan takut deh buat inisiatif duluan.

Level senior maupun junior memang masih ada dalam strata pekerjaan dan itupun juga bagus, jadi lo sebagai fresh graduate jangan berkecil hati kalo dianggap junior atau sebagai anak bawang. Tenang aja, itu cuma status kok dan kalo lo bisa buktiin dengan kasih hasil kerja yang bagus, dengan sendirinya lo juga nanti bakal di notice sama senior lo.

Sedikit info aja nih dari gue buat kaum fresh graduate yang sedang mendaki gunung melewati lembah di ranah perkantoran. Simak secara seksama!

Paling penting banget yang harus lo tahu adalah jangan gampang baper ya. Bukannya apa-apa nih, cuma ranah perkantoran tuh lebih sadis senggolannya jadi perlu rasa sabar. Apalagi kalo lo punya hasil kerja bagus dan cenderung stand out dibanding yang lain, pasti ada aja selentingan yang nggak penting juga lo baperin. Yah intinya dibuat asik aja lah, jangan kepancing sama hal-hal yang ngebuat lo unmood.

Kasih kerjaan secara total juga ada kadar takarannya! Misal lo dalam satu minggu dikasih daftar kerjaan yang banyak dan harus diselesaikan dengan cepat, di situ lo harus berani negosiasi sama senior lo soal deadline. Info aja kalo memang lo hanya bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan dulu karena butuh waktu ekstra dan supaya hasilnya maksimal. Di sisi lain lo juga perlu bisa menakar kapasitas diri lo sendiri, lo bisa menyelesaikan semua dalam waktu berapa hari. Bukannya menolak tapi supaya lo bisa adaptasi dulu sama situasi dan kondisinya bro.

Setelah dapat brief kerjaan yang jelas, lo wajib bertanya tentang hal apa saja yang nggak lo ketahui. Ini semua harus clear dari awal, agar lo bisa lancar mengerjakan semua kerjaan tanpa harus kebingungan lagi mulai dari mana.

Sukses setor semua kerjaan sebelum deadline? Langkah berikutnya adalah minta feedback soal hasil kerja lo, supaya lo bisa improve dan yang pasti skill lo juga nambah. Sambil nunggu feedback, sambil selow dengerin lagunya Tulus dan Bilal Indrajaya, jangan lupa buat manfaatin waktu dengan belajar atau cari-cari insight yang kira-kira berguna buat pekerjaan lo. Satu hal yang pasti dalam bekerja adalah lo perlu konsisten mempertahankan performa kerja lo.

Gimana tipsnya? Semoga membantu lo ya, bro. Pastinya semua butuh proses dan semua juga nggak ada yang instan untuk menjadi karyawan teladan. Berani mengambil sikap tegas untuk diri sendiri juga penting dalam urusan pekerjaan agar lo sendiri bisa disiplin.

Pengen tau artikel-artikel menginspirasi lainnya seperti ini? Kunjungi sekarang juga website MLDSPOT. Share juga semua artikelnya di akun media sosial lo, karena dengan lo share saja, lo bisa kumpulin MLDPOINTS sebanyak-banyaknya dan dapetin iPhone 12 Pro sampai PS5!